Sabtu, 14 April 2012

KAREDOK ( INDONESIA ) vs SALAD ( AMERIKA )

KAREDOK ( INDONESIA ) vs SALAD ( AMERIKA )  "Karedok":
Makanan tradisional indonesia. Berasal dari jawa barat. Terdiri dari bumbu kacang dan sayur-sayuran. Pada karedok, sayuran yang digunakan sebagai bahan utamanya merupakan sayuran mentah. Sayuran yang terdapat dalam karedok umumnya terdiri dari kacang panjang, kol, tauge, daun selada, daun kemangi, mentimun dan terung hijau. ada yang perlu kita ketahui dari bumbu kacang yang dijadikan sebagai saus dari sayuran karedok ini. Bumbu kacang dibuat dari kacang tanah yang digoreng terlebih dahulu sebelum ditumbuk dan dicampur garam serta gula. Dari proses pembuatan karedok tersebut dapat ditemukan bahwa bumbu kacang untuk karedok mengandung sekitar 130 kalori dalam setiap satu sendoknya


"Salad":

Inti dari salad ini pun tetap mengusung sayuran sebagai bahan baku utamanya, yang biasa digunakan dalam salad ini antara lain sayuran selada, wortel, mentimun, brokoli dan kentang rebus. Yang membuat salad ini menjadi khas adalah saus mayonaise yang dibuat sedemikian rupa sehingga tercipta cita rasa yang unik. Adapun saus salad atau salad dressing sebenarnya ada beraneka ragam. Namun yang paling populer dari semuanya adalah saus dengan nama Thousand Island atau Blue Cheese. Karena dua jenis itu banyak digunakan sebagai pilihan pertama dalam campuran saus salad dalam menu-menu salad yang dijual di berbagai restoran. Tak heran, kedua jenis itulah yang paling banyak dikenal. Saus salad ini bisa dibilang banyak mengandung kalori dari setiap satu sendoknya. Thousand island yang menjadi pilihan pertama saja kandungan kalorinya bisa mencapai 80 kalori dalam setiap 20 gr atau satu sendok makan. Thousand island ini konon berasal dari kepulauan di dekat kota New York. Terbuat dari campuran telur, gula, cuka dan mayonaise, acar timun manis, buah zaitun hitam dan paprika merah. Saus ini lebih cocok jika digunakan dalam salad sayur atau salad buah.
Mayonaise, yang berbahan dasar olive oil, dibuat dari campuran telur, jeruk lemon dan cuka. Biasanya mayonaise yang digunakan sebagai cocolan – dipping sauce bisa membuat sayuran biasa seperti batang seledri menjadi sangat gurih. Kalori yang terkandung dalam mayonaise ini per satu sendok makannya adalah 75 kalori.


         AND THE WINNER IS. . . . . KAREDOK (INDONESIA)  Bumbu kacang untuk karedok mengandung sekitar 130 kalori dalam setiap satu sendoknya. Sedangkan bumbu dari salad yaitu mayonaise dan Thousand island masing - masing memiliki 75 kalori dan 80 kalori dalam satu sendok.
Jika kita membandingkan antara karedok dan salad dari segi penyajian, saus kacang banyak mengandung kalori jika dibandingkan dengan saus Thousand Island yang banyak digunakan sebagai dressing untuk berbagai macam salad. Namun, apabila kita lihat dari pembuatannya sendiri dan bahan-bahan yang digunakan oleh dua jenis saus tersebut, dapat dilihat bahwa saus kacang menggunakan bahan-bahan spontanitas dapur, tidak ada satu bahan pun yang berasal dari kemasan dengan jaminan tidak akan ada bahan pengawet yang akan terkandung di dalam saus kacang pada karedok. Sedangkan Thousand Island walaupun kadungan kalorinya lebih rendah dibandingkan dengan saus kacang, tetapi hampir sebagian besar bahan dasarnya merupakan bahan-bahan dalam kemasan yang banyak dijumpai di supermarket, karenya bisa kita pastikan akan banyak mengandung bahan pengawet dan bahan kimia lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar